Menu

Inilah Kisah Dibalik Lagu Nina Bobo Yang Bikin Merinding


Sebelum mulai membaca, jangan lupa mainkan lagu di bawah ini yaa...

Pasti teman-teman sudah pada tahu kan sama lagu yang sering dinyanyikan oleh kebanyakan ibu-ibu untuk menidurkan anaknya. Menurut cerita yang beredar judul lagu Nina Bobo ini diambil dari anak kecil yang bernama Helenina Mustika Van Rodjnik yang merupakan anak blasteran Belanda dan Jawa yang lahir pada tahun 1871.

Helenina Mustika Van Rodjnik alias Nina

Sang ayah adalah seorang kapten yang berasal dari Belanda yang bernama Kapten Van Rodjnik dan ibunya dari Jawa yang bernama Mustika yang pada saat itu berprofesi sebagai penari. Helenina atau biasanya dipanggil Nina memiliki masalah kesulitan tidur. Setiap mau tidur ia selalu menangis dan memberontak maka dari itu yang ibu nya selalu bersenandung setiap malam untuk menidurkan nya. Karena sudah terbiasa mendengar senandung ibunya sebelum tidur, maka Nina pun menjadi ketergantungan dengan senandung pengantar tidur dari ibunya.

Ilustrasi Bayi Ngantuk

Karena sudah menjadi kebiasaan, hal tersebut menjadikan Kapten Van Rodjnik alias ayah Nina meminta pada istrinya untuk menciptakan sebuah lirik lagu supaya anak itu bisa tertidur. Berhubung nama anaknya adalah Nina maka seperti yang kita ketahui liriknya adalah Nina bobo oh nina bobo. Setiap malam ibunya tak pernah lupa untuk menyanyikan lagu tersebut hingga suatu ketika Nina sakit akibat demam tinggi sakit parah sampai pada akhirnya meninggal pada usia yang masih sangat belia yaitu 6 tahun.

Tentunya ini sangat meninggalkan kesedihan yang sangat mendalam bagi kedua orang tuanya. Setelah kepergian Nina setiap malam ayah Nina selalu mendengar istrinya sedang menyanyikan lagu pengantar tidur yang biasa dinyanyikan untuk anaknya yang sudah meninggal.

Terpuruk dengan kepergian Nina

Ibunya bercerita kalau dia selalu mendengar suara Nina yang menangis meminta dinyanyikan lagu Nina Bobo untuknya, maka setiap malam juga walaupun Helenina sudah meninggal sang Ibu terus menyanyikan lagu itu sampai pada akhirnya sang Ibu juga meninggal dunia.

Hal ini tentunya merupakan hal yang membuat Kapten Van Rodjnik terpukul karena setelah kehilangan anaknya sekarang dia juga kehilangan istrinya. Setelah istrinya meninggal dunia giliran ia yang dihantui anaknya. Ia juga diminta untuk menyanyikan lagu tersebut.

(Ilustrasi) Kapten Van Rodjnik sedang bersedih

Awalnya ayah Nina tidak menghiraukan suara Nina yang meminta untuk dia bernyanyi tetapi lama-kelamaan ini membuatnya tidak tahan karena terus-terusan merasa terganggu dan merasa dihantui oleh anaknya sendiri hal ini membuat pikirannya menjadi terganggu dan ia pun mulai menyanyikan lagu Nina Bobo berulang-ulang setiap hari setiap malam hingga pada suatu hari ia pun juga meninggal dunia.

Konon jika kita menyanyikan lagu Nina Bobo untuk menidurkan anak maka arwah Nina akan merasa terpanggil dan dia akan datang yang membuat anak kita tertidur dengan lelap. Lagu ini pun masih sering dinyanyikan ibu-ibu di dunia dan cukup banyak yang telah terbukti ketika anak tidak bisa tidur dan rewel maka dengan menyanyikan lagu ini sang anak bisa tertidur. Apakah itu benar atau tidak semuanya tergantung masing-masing.

Komentar