Menu

Menemukan Passion: Cara Membuat Pekerjaan Apapun Menjadi Passion


Pendiri Apple, Steve Jobs, pernah berkata “the only way to do great work is to love what you do” yang artinya satu-satunya cara supaya bisa menghasilkan sesuatu yang besar adalah dengan mencintai apa yang kita kerjakan. Dengan kata lain, supaya kita bisa bekerja atau belajar dengan baik maka kita harus mencintai apa yang kita lakukan sehingga penting untuk menemukan passion kita.

Tetapi masalahnya adalah mencari sesuatu yang kita cintai ternyata tidak mudah. Cal Newport dalam bukunya yang berjudul "so good they can't ignore you", menulis bahwa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion kita itu tidak mudah. Misalnya saja passion kita adalah tidur. Hmm mungkin tidak segampang itu mencari kerja yang sesuai dengan passion tadi iya kan. Tapi ada juga sih terlepas dari benar atau tidaknya lowongan kerja NASA berikut ini.

menemukan passion melalui pekerjaan tidur

Meskipun sulit tapi bukan berarti kita tidak bisa menemukan passion kita. Bahkan tidak hanya menemukan passion, sebenarnya kita juga bisa membuat hal-hal yang tadinya tidak kita sukai menjadi sesuatu yang justru menjadi passion kita. Menurut Cal Newport, untuk menemukan passion kita, ada dua cara yaitu:

Baca Juga: Mengapa Sangat Penting Untuk Mempunyai Tujuan Hidup

1. Menemukan Passion - Pendekatan Passion Mindset

Cara yang pertama adalah menggunakan yang namanya passion mindset. Cara Ini adalah cara yang paling banyak dipakai orang. Passion mindset adalah salah satu bentuk pola pikir yang mendorong kita untuk mencari tahu apa sih passion kita itu sebenarnya dan mendorong kita untuk hidup mengikuti passion tersebut.

Kemudian menurutmu Po Bronson, seorang jurnalis yang juga penulis buku "What Should I Do With My Life", untuk dapat menemukan dan mengikuti passion dalam hidup dibutuhkan keberanian yang besar karena bisa jadi kita harus melakukan perubahan drastis pada hidup yang sudah dijalani sekarang, hanya untuk dapat mengikuti passion. Dalam bukunya, Ia juga bercerita tentang seorang pengacara yang sampai ganti profesi menjadi supir truk hanya karena merasa itu adalah fashion pengacara tersebut.

Kemudian menurut Bronson, passion bisa muncul dalam bentuk yang bermacam-macam misalnya sebagai hobi, yang bisa jadi kalau selama ini hobi suka kita kerjakan itu ternyata adalah passion kita. Dan biasanya yang awalnya cuma sebagai hobi akhirnya bisa menjadi pekerjaan yang menghasilkan tentunya.

konsep ikigai untuk mencari passion

Passion juga sering muncul karena bakat. Misalnya teman-teman dari kecil sudah jago menggambar nah bisa jadi passion teman-teman adalah menjadi seorang seniman. Yang pasti ciri-ciri dari passion adalah pada saat kita melakukan hal tersebut kita merasa senang, menjadi lupa waktu dan selalu merasa ingin “menyempurnakan” pekerjaan tersebut. Senada dengan ikigai atau konsep tujuan hidup dari Jepang, yang menjelaskan bahwa passion adalah gabungan dari sesuatu yang kita suka dan sesuatu yang bisa kita lakukan.

2. Menemukan Passion - Pendekatan Craftsman Mindset

Cara yang kedua ini merupakan kebalikan dari passion mindset. Sebenarnya Cal Newport sendiri tidak setuju kalau kita harus punya passion dulu baru bisa bekerja secara maksimal. Menurutnya, untuk menemukan passion butuh waktu lama dan tidak selalu ada pekerjaan yang sesuai dengan passion kita.

Craftsman mindset ini membentuk sebuah pola pikir bahwa kita harus fokus berkarya agar apapun yang kita kerjakan jadi bernilai. Kalau kita fokus dan all-out untuk membuat karya yang bagus, orang-orang akan sadar dengan sendirinya bahwa karya yang kita hasilkan adalah sesuatu yang bagus sehingga akhirnya karya inilah yang akan menjadi pondasi atau modal tumbuhnya passion atau cinta pada hal yang kita kerjakan.

konsep growth mindset untuk menemukan passion

Jadi sebagai kesimpulan tentang cara menemukan passion kita yaitu pertama dengan pendekatan passion mindset dimana diawal kita mencoba berbagai macam hal yang kita sukai kemudian bekerja atau mencari pekerjaan sejalan dengan hal yang kita sukai tadi. Intinya trial and error dan tidak takut untuk mencoba hal-hal baru. Teman-teman bisa mencoba untuk membuat daftar hal-hal apa saja yang kalian sukai kemudian mencoba untuk bekerja atau mencari pekerjaan yang sesuai dengan daftar tadi.

mencari passion melalui pendekatan craftsman

Yang kedua yaitu pendekatan craftsman mindset dimana kita fokus saja dengan bidang atau pekerjaan yang dijalani saat ini. Kerjakan dengan sebaik mungkin sehingga orang-orang bisa notice kalau kita adalah the best man for the job. Nah apresiasi inilah yang akan membuat kita lebih semangat untuk membuat karya yang lebih baik lagi sehingga akan menjadi passion kita pada akhirnya.

Oke sekian dulu artikel ini. Kurang lebihnya mohon dimaklumi hehe. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Komentar